Proses Enkripsi dan Dekripsi data

Posted by

Enkripsi (encryption)  dataadalah seni dari meng-enchiper suatu data, yang menterjemahkan data tersebut menjadi suatu data yang tidak dapat dibaca oleh siapapun, tapi hanya dapat dibaca oleh penerima data yang dimaksud.

Maksud meng-enchiper data adalah proses perubahan teks asli (plaintext)/data ke dalam bentuk kode. Kode dalam konteks ini adalah sistem untuk menampilkan data dengan set karakter, angka, simbol, kata dan atau sinyal yang telah ditentukan sebelumnya. Secara singkat proses enkripsi yaitu algoritma yang mengubah plaintext ke dalam bentuk ciphertext dengan menggunakan sebuah kunci. Cara dan teknik enkripsi data banyak sekali metodenya, karena enkripsi biasanya merupakan proses penggantian sebuah nilai alternatif menjadi pengganti elemen tertentu dari sebuah pesan atau data lain.

Dekripsi  data adalah proses pembuatan kembali data dari pesan yang dienkripsi. Pada prinsipnya data yang dienkripsi tidak bisa dibaca, tanpa menggunakan kunci yang bekerja sebagai panduan referensi untuk seluruh penggantian yang dilakukan ketika data dienkripsi.

Secara singkat proses dekripsi yaitu algoritma yang mengubah ciphertext ke dalam plaintext dengan menggunakan sebuah kunci. Dan kunci itu sendiri bisa berbentuk apapun, mungkin sebuah tabel yang menampilkan penggantian karakter untuk sebuah karakter atau kata untuk kata atau set penggantian lebih canggih.

  Untuk lebih jelasnya mengenai proses enkripsi dan dekripsi data dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Hasil gambar untuk proses enkripsi dan dekripsi data
Proses Enkripsi dan Dekripsi data

Sources : http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/36/jbptunikompp-gdl-s1-2005-fitryamari-1773-bab-ii.doc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *