Manfaat penting dari kriptografi data

Posted by

Kriptografi (Cryptography) merupakan cabang ilmu pengetahuan yang menggunakan persamaan matematis untuk melakukan proses enkripsi maupun dekripsi data. Teknik ini digunakan untuk mengkonversi atau mengubah data ke dalam bentuk kode-kode tertentu, dengan tujuan informasi yang disimpan maupun ditransmisikan melalui jaringan yang tidak aman seperti internet, tidak dapat dibaca oleh siapapun kecuali oleh orang yang berwenang.

Kriptografi adalah suatu ilmu yang menciptakan suatu komunikasi secara aman yang tidak dapat ddimengerti atau diterjemahkan oleh setiap orang kecuali orang tertentu yang dimaksud Dalam hal ini kriptografi tidak diartikan sebagai ilmu yang mempelajari pengacakan data elektronik dengan bantuan program komputer sehingga tidak ada seorangpun yang dapat mengartikannya.

Manfaat dari kriptografi adalah sebagai berikut:

  1. Privacy (Kerahasiaan) yang mencegah pembacaan pesan-pesan oleh orang lain yang tidak berhak atau yang tidak berkepentingan
  2. Authenticity (Keaslian) yang membuat penerima pesan bisa mengetahui secara pasti, siapa yang mengirim pesan tersebut dan sebaliknya pengirim juga dapat mengecek kembali bahwa penerima pesan adalah orang yang benar-benar  ia maksud.
  3. Integrity  (Keutuhan) yang meyakinkan bahwa  pesan yang dikirim  tidak dipalsukan atau dirubah oleh orang lain yang tidak berhak selama pengiriman pesan tersebut.
  4. Non-Repudiation (Tidak adanya penolakan) mencegah penerima atau pengirim pesan mengingkari bahwa mereka pernah menerima atau mengirim pesan tersebut.

Pada penerapan teknologi yang sebenarnya, bidang-bidang utama yang digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan tadi adalah sistem keamanan komunikasi dan keamanan komputer. Keamanan komunikasi merupakan perlindungan terhadap informasi pada saat pengiriman pesan dari sebuah sistem ke sistem lainnya. Keamanan komputer adalah perlindungan terhadap sistem informasi komputer itu sendiri, seperti pada perangkat lunak, sistem operasi komputer dan keamanan terhadap perangkat lunak manajemen basis data komputer.

Namun kedua kategori keamanan tersebut harus bisa digabungkan dengan faktor keamanan lainnya seperti:

  1. Keamanan secara fisik

Sistem keamanan ini meliputi pengamatan oleh penjaga keamanan, pintu yang terkunci dan sistem kontrol fisik lainnya.

  1. Keamanan personal

Sistem keamanan ini meliputi kepribadian orang-orang yang mengoperasikan atau memiliki hubungan langsung dengan sistem tersebut.

  1. Keamanan administratif atau prosedural

Kontrol terhadap perangkat lunak yang dipakai, mengecek kembali   semua kejadian yang telah diperiksa sebelumnya, dan sebagainya.

Sources : http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/36/jbptunikompp-gdl-s1-2005-fitryamari-1773-bab-ii.doc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *