Pengertian Sensor Robotik

Posted by

Sebuah sensor adalah sebuah perangkat yang mengukur beberapa atribut lingkungan. Menjadi salah satu dari tiga hal terpenting dalam robotika (selain perencanaan dan pengendalian), sensor berperan penting dalam paradigma robot .

Exteroceptive Sensor

Exteroceptive sensor memberikan informasi tentang lingkungan sekitar. Memungkinkan pada robot untuk berinteraksi dengan dunia. Sensor exteroceptive diklasifikasikan menurut fungsi mereka.

Sensor jarak digunakan untuk mengukur jarak relatif (kisaran) antara sensor dan objek dalam lingkungan. Sensor jarak melakukan tugas yang sama dengan indera taktil yang dilakukan pada manusia. Ada jenis lain pengukuran jarak, seperti laser , penggunaan kamera, atau proyeksi grid, garis berwarna atau pola titik untuk mengamati bagaimana pola terdistorsi oleh lingkungan. Untuk pendekatan pada akal manusia, robot humanoid dapat menggunakan sonars dan sensor infra merah, atau sensor taktil seperti sensor bump, kumis ( atau antena), kapasitif dan sensor piezoresistif.

Array tactels dapat digunakan untuk menyediakan data tentang apa yang telah tersentuh. The Hand Shadow menggunakan sebuah array 34 tactels yang diatur di bawah poliuretan kulit pada setiap ujung jari. Sensor taktil juga memberikan informasi tentang kekuatan dan torsi yang ditransfer antara robot dan benda lainnya.

Sensor Vision mengacu pada pengolahan data dari setiap modalitas yang menggunakan spektrum elektromagnetik untuk menghasilkan gambar. Dalam robot humanoid ini digunakan untuk mengenali objek dan menentukan sifat mereka. Sensor vision bekerja paling mirip dengan mata manusia. Sebagian besar robot humanoid menggunakan CCD kamera sebagai sensor penglihatan.

Sensor suara memungkinkan robot humanoid untuk mendengar pidato dan suara lingkungan, dan tampil sebagai telinga manusia. Mikrofon yang biasanya digunakan untuk fungsi ini.

Sources : bima.staff.gunadarma.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *