9 Alat Untuk Menguji Aplikasi Web Desktop 2017

Posted by

Alat untuk menguji aplikasi web | Salah satu tahapan yang cukup penting ketika membangun sebuah web aplikasi yaitu pengujian atau testing. Yaitu melakukan uji coba terhadap aplikasi yang telah dibuat.

Isu-isu seperti keamanan website, fungsi, kinerja, aksesibilitas, kompatibilitas dan kegunaan aplikasi tersebut bisa ditemukan dengan cara melakukan pengujian aplikasi web sebelum aplikasi tersebut dirilis ke publik.

web app testing tools

Ilustrasi proses pengujian web (Image: aesopinc.com)

Berikut ini beberapa alat atau tool online gratis yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengujian terhadap aplikasi yang sudah dibuat untuk menemukan masalah yang terdapat pada web aplikasi.

WebLOAD: Alat ini berfungsi untuk menguji load atau beban sebuah web aplikasi pada skala enterprise yang terdiri dari kemampuan scripting yang mumpuni sehingga Anda dapat menguji dengan baik. WebLOAD bisa mendukung berbagai teknologi dari protokol web untuk aplikasi perusahaan, dari silenium ke mobile dan banyak lagi.

LoadRunner: LoadRunner adalah alat untuk menguji loading buatan HP yang digunakan untuk Linux dan Windows, dibuat untuk menguji web aplikasi secara efisien sebelum dirilis ke publik. Alat ini membantu dalam menentukan kinerja web aplikasi.

Apache JMeter: Sebuah alat pengujian loading web aplikasi berbasis open source yang support semua platform dan ditulis dengan Java 6+. Biasanya, JMeter digunakan untuk menguji beban dan untuk mengukur dan menaganalisa kinerja aplikasi.

Webt: Merupakan load testing tool yang bekerja semua Windows, menyediakan cara yang mudah dan murah untuk menguji website. Alat ini bekerja pada HTTPS, aplikasi RIA, dan konten yang dinamis.

Load Impact: Ini adalah alat pengujian yang bisa dilakukan secara online untuk menguji aplikasi web, situs web, aplikasi mobile, dan API dibawah beban yang cukup besar untuk semua platform.

Sahi: Sebuah open-source, alat penguji aplikasi web cross-platform, yang ditulis dalam JavaScript dan Java. Hal ini dapat digunakan untuk menguji beberapa aplikasi browser.

Watir (Web Application Testing di Ruby): Ini adalah open source, alat penguji yang cross-patform untuk menguji aplikasi web. Watir termasuk alat penguji yang fleksibel untuk atomatisasi. Mendukung aplikasi yang ditulis dalam semua bahasa walaupun dia dibuat dengan Ruby.

Ranorex: Alat untuk menguji berbasis GUI di Windows yang digunakan untuk menguji web, mobile dan aplikasi berbasis desktop. Sangat cocok untuk skala besar maupun kecil.

OWASP: Open Web Application Security Project merupakan sebuah yang bisa cross-platform yang sudah cukup terkenal, fokusnya adalah pada keamanan aplikasi web, dan menciptakan teknik yang free, serta dilengkapi dokumentasi juga lho.

 Sources : jurnalweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *