Bahasa Pemograman Phyton

Posted by

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan, dengan kode yang efisien tetapi tidak mengurangi fitur yang diberikan dari bahasa pemrograman ini. Struktur kode program python mudah untuk dideskripsikan atau dibaca oleh programmer. Didukung dengan dasar yang kuat membuat python banyak diminati oleh sebagian besar programmer.

Seperti pada bahasa pemrograman lainnya, python juga didukung dengan berbagai framework untuk mempermudah pekerjaan programmer dalam membuat kode-kode program.

Berikut ini framework untuk bahasa pemrograman python yang digunakan:

1.        CherryPy

CherryPy dibuat dengan mengadaptasi cara pembuatan aplikasi Python yang berbasis objek. Dengan menggunakan CherryPy, programmer yang telah terbiasa membuat aplikasi Python yang berbasis objek tidak akan menemui kesulitan yang berarti saat membuat aplikasi dengan framework ini.

CherryPy tidak memiliki sistem templating sendiri sehingga anda harus memilih template yang cocok dengan selera anda. Sistem template yang paling banyak digunakan untuk CherryPy adalah Mako, Jinja2, dan Genshi. Selain ketiga template ini anda juga dapat memilih templating yang lain.

2.        Bottle

Bottle adalah micro web framework yang sederhana, cepat, dan ringan untuk Python. Dengan Bottle, kita akan membuat aplikasi web yang disimpan dalam satu berkas serta tidak memiliki ketergantungan terhadap pustaka selain pustaka standar Python.

3.        Pyramid

Pyramid merupakan web framework Python yang open source. Pyramid pertama kali dikembangkan diawal Desember tahun 2010. Framework ini dikembangkan dari framework yang telah ada sejak tahun 2008 bernama repoze.bfg. Pyramid dikembangkan dengan memegang teguh prinsip kesederhanaan, minimalis, dokumentasi yang terkini, cepat, reliabel, dan terbuka.

4.        web.py

web.py dipublikasikan oleh Aaron Swartz saat beliau bekerja di reddit.com. web.py dibuat agar menjadi web framework yang sederhana namun powerful. Meskipun diklaim sederhana, tak sedikit situs besar yang menggunakan web.py. Diantaranya yang paling besar ialah Yandex, situs pencari asal rusia yang memiliki 70 juta page view setiap harinya.

Dokumentasi web.py terbilang cukup lengkap dengan panduan dasar, panduan tingkat lanjut, session, template, testing, basis data, refensi api, serta contoh-contoh kode yang dapat digunakan secara bebas.

web.py tersedia dibawah lisensi public domain, source code-nya dapat diakses di github.com.

5.        Flask

Flask adalah microframework untuk Python yang dibuat dengan toolkit wsgi dan Jinja2. Flask dibuat dan dimaintain oleh Armin Ronacher. Pertama kali dirilis 4 tahun yang lalu (April 2010), Flask saat ini berada di versi 0.10.1 dan dilisensikan dengan BSD license.

Aplikasi web yang dibuat dengan Flask disimpan dalam satu berkas .py. Flask ingin menjadi web framework yang sederhana namun dapat diperluas dengan beragam pustaka tambahan yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Flask memang belum mencapai versi 1.0 namun dokumentasi yang dimilikinya sangat-sangat lengkap, anda dapat menemukan contoh kode maupun penjelasan penggunaan Flask melalui laman dokumentasinya disini.

  1. Zope2

Zope adalah sebuah keluarga lengkap dalam framework web yang berbeda dan cukup banyak satu-satunya kerangka yang dipromosikan Python sebagai bahasa pemrograman. Dengan pengembangan kerangka lainnya, zope2 tidak terbatas pada sistem manajemen konten dalam lingkungan pengembangan saat ini. Zope tool kit merupakan sumber yang sangat baik dari perpustakaan yang memungkinkan Anda untuk menggunakan kembali kode dan perpustakaan yang berbeda untuk pemrograman efisien.

  1. CubicWeb

CubicWeb paling terpenting pada kode usabilitas dan terdiri dari unit kode dalam bentuk kubus. Hal ini sangat fleksibel dan namun kuat dengan beberapa fitur yang luar biasa termasuk bahasa query RQL atau fitur semantik-view untuk coding yang efisien. Ini adalah solusi terbaik untuk aplikasi web semantik dan menawarkan lingkungan yang ideal.

  1. TurboGear

Hal ini dapat disebut sebagai kerangka dengan fitur pendahulunya dan tidak ada keterbatasan yang dialami oleh kerangka Python lainnya. Hal ini dimungkinkan untuk memperpanjang menjadi solusi lengkap saham dan bahkan sesuai proyek kerangka mikro sederhana dengan cara yang sama. Tidak pernah merasa seperti seolah-olah Anda sedang bekerja pada sebuah kerangka kerja dan agak terasa seperti menulis fungsi baru. Anda dapat membuat aplikasi read-to-extend dalam beberapa menit dan memiliki koleksi tutorial besar melalui internet.

  1. Django

Django hadir dengan manfaat individu termasuk kode yang lebih rendah dan proses pengembangan web yang mudah. Pengembang high-end selalu menggunakannya dan orang dapat dengan mudah membuat aplikasi high-end dengan Django. Selanjutnya, memungkinkan pengembangan cepat dengan fitur seperti template dan custom tag/filter untuk kontrol aliran yang lebih baik. Ini mengikuti DRY (Don’t Repeat Yourself) prinsip dan Anda dapat menggunakan kembali kode untuk pengembangan lebih cepat.

Sources : s3.amazonaws.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *