Arsitektur Warehouse mana yang terbaik?

Posted by

Sejak data warehousing menjadi bagian penting dari sebuah perusahaan modern, pertanyaan tentang arsitektur data warehouse ang terbaik telah menjadi topik diskusi reguler. Dua guru bidang data warehousing, Bill Inmon dan Ralph Kimball, berada di pusat dari diskusi ini. Inmon pendukung arsitektur hub-and-spoke. (Misalnya, Corporate Information Factory), sedangkan

Kimball mempromosikan arsitektur data mart bus dengan dimensi yang sesuai. Arsitektur lainnya tetap dimungkinkan, tetapi dua pilihan pendekatan tersebut tetap merupakan fundamental, dan masing-masing memiliki pendukung yang kuat. Untuk menjelaskan pertanyaan controversial tersebut, Aryachandra dan watson (2006b) melakukan studi empiris. Untuk mengumpulkan data, mereka menggunakan survei berbasis web yang ditujukan kepada individu yang terlibat dalam implementasi data warehouse. Survei mereka termasuk pertanyaan tentang responden, perusahaan responden, companys data warehouse, dan keberhasilan dari arsitektur data warehouse.

Secara total, 454 responden memberikan informasi yang dapat digunakan. perusahaan yang disurvei berkisar dari kecil (kurang dari $ 10 juta pendapatan) sampai besar (lebih dari $ 10 miliar). Sebagian besar perusahaan yang berlokasi di USA (60%) dan mewakili berbagai industri, dengan industri jasa keuangan (15%) memberikan tanggapan yang paling. Arsitektur yang dominan adalah arsitektur hub-and-spoke (39%), diikuti oleh arsitektur bus (26%), arsitektur terpusat (17%), data mart independen (12%), dan federasi (41%), diikuti oleh Microsoft ( 19%), dan IBM (18%). Rata-rata pendapatan kotor mereka  bervariasi dari $ 3.7 miliar untuk data mart independen, menjadi $ 6 miliar untuk arsitektur federasi.

Langkah-langkah untuk menilai keberhasilan arsitektur:

  1. Informasi yang berkualitas
  2. Sistem Mutu
  3. Dampak Individual
  4. Dampak Organisasional

Tabel 1. Rata Skor Penilaian bagi Arsitektur Data Warehouse

Rata Skor Penilaian bagi Arsitektur Data Warehouse
Rata Skor Penilaian bagi Arsitektur Data Warehouse

Pertanyaan menggunakan skala tujuh poin, dengan skor yang lebih tinggi menunjukkan arsitektur yang lebih sukses. Tabel 1 menunjukkan skor rata-rata untuk ukuran seluruh arsitektur. Sebagai hasilnya Tudy menunjukkan, data mart independen menunjukkan nilai terendah pada semua pilihan. Temuan ini menegaskan kebijaksanaan konvensional bahwa data mart independen adalah solusi arsitektur paling tidak populer. Selanjutnya terendah pada semua tindakan adalah arsitektur federasi. Perusahaan terkadang memiliki keputusan yang berbeda – platform dukungan yang dihasilkan dari merger dan akuisisi, dan mereka dapat memilih pendekatan federasi, setidaknya dalam jangka pendek. Temuan menunjukkan bahwa arsitektur federasi bukan solusi jangka panjang. Namun apa yang menarik, adalah kemiripan dari rata-rata dari arsitektur hub, bus-and-spoke dan terpusat memiliki keunggulan lebih satu dari yang lain, setidaknya didasarkan pada perbandingan sederhana dari langkah-langkah sukses.

Mereka juga mengumpulkan data pada domain (misalnya, bervariasi dari tunduk kepada sebuah perusahaan yang luas) dan ukuran (yaitu, jumlah data yang disimpan) dari warehouse. Mereka menemukan bahwa arsitektur hub-and-spoke biasanya lebih banyak digunakan untuk implementasi enterprise-wide dan warehouse yang lebih besar. Mereka juga meneliti biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan arsitektur yang berbeda. Secara keseluruhan, arsitektur hub-and-spoke adalah yang paling mahal dan memakan waktu terlama untuk melaksanakan.

SIMPULAN

Para pembuat keputusan memerlukan informasi yang dapat diandalkan mengenai operasi perusahaan, kecenderungan, dan perubahan. Padahal data sering terfragmentasi dalam sistem operasional yang berbeda-beda, sehingga manajer sering membuat keputusan dengan informasi parsial, yang dianggap terbaik. Data warehouse dapat membantu melewati rintangan ini dengan mengakses, mengintegrasikan, dan mengorganisir data operasional kunci dalam bentuk yang konsisten, dapat diandalkan, tepat waktu, dan tersedia, dimanapun dan kapanpun diperlukan.

Sources : yudairawan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *